MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklarasi Anti-Bullying Madrasah Aman dan Sehat

Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahraga Asrama Pondok Tahfidz Nurul Qur’an (PTNQ) MAN 1 Kudus dilangsungkan acara Deklarasi Anti-Bullying Madrasah Aman dan Sehat. Acara deklarasi ini diikuti oleh seluruh santri Pondok Tahfidz Nurul Qur’an (PTNQ) MAN 1 Kudus dan Pondok Riset Nurul Ilmi (PRNI) MAN 1 Kudus. Hadir pula dalam acara ini, Bapak Drs. H. Taufik, M.Pd. selaku Kepala MAN 1 Kudus, Bapak, Bapak Drs. H. Naqibul Arif selaku Waka Kurikulum MAN 1 Kudus, Bapak Drs. H. Cipto Hadi Saputra, M.Pd.I selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Kudus, Bapak Drs. Yusuf Supriyanto selaku Waka Sarpras MAN 1 Kudus, Ibu Hj. Etty Mutammimah, S.Pd.I selaku Waka Humas MAN 1 Kudus, Bapak Muhammad Umar, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator Riset MAN 1 Kudus, Bapak Hamdi, S.Ag. selaku Ka TU MAN 1 Kudus, Bapak/Ibu Wali Kelas pada Program Tahfidz, dan jajaran ustadz-ustadzah PTNQ dan PRNI MAN 1 Kudus.

Melalui Deklarasi ini MAN 1 Kudus memastikan madrasah menjadi tempat di mana anak-anak selalu terlindungi dan aman serta nyaman untuk mengembangkan diri secara optimal. Sebab, salah satu yang tidak membuat bahagia itu adalah kekerasan.

“Di MAN 1 Kudus ini tidak boleh terjadi kekerasan dalam bentuk apapun, baik itu kekerasan verbal, kekerasan kejiwaan, kekerasan fisik dan kekerasan spiritual, yang semuanya yang akan menghambat tumbuh kembang siswa,” Pesan Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd.
“Seluruh warga Madrasah bertanggung jawab mengawasi dan memastikan siswa-siwi MAN 1 Kudus menjadi generasi yang kelak menjadi estafet penerus masa depan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” sambungnya.

Sebelumnya Kementerian Agama telah memiliki komitmen penuh terhadap pelindungan anak dan mewujudkan madrasah ramah anak, anti bullying dan anti kekerasan. Kementerian Agama mendahului dan mempelopori untuk membuat Peraturan Menteri Agama nomor 73 tahun 2022 tentang anti kekerasan terhadap anak-anak juga sudah ada juknis atau petunjuk teknis tentang penangan kekerasan seksual pada satuan pendidikan madrasah.

Berikut Isi Deklarasi Madrasah Ramah Anak Anti Kekerasan se-Indonesia:
Menciptakan suasana madrasah yang ramah anak, nyaman untuk belajar adalah kewajiban konstitusional, keagamaan, dan kemanusiaan sekaligus. Karena itu, Kementerian Agama, siap berkolaborasi dengan semua pihak untuk:

 

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...