MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah Qur’ban Tahun 2024 M/1445 H

Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan hewan qurban adalah sebagai sarana menciptakan harmoni dan kepedulian sosial. Sebagai bentuk kepedulian sosial dilakukan dengan membagikan daging hewan kurban kepada masyarakat dan orang-orang yang membutuhkan. Adapun sebagai sarana menciptakan harmoni sosial dapat diwujudkan dengan melaksanakan ibadah qurban.

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H, MAN 1 Kudus kembali menggelar kegiatan ibadah qurban dengan penuh semangat dan kebersamaan. Kegiatan ini diadakan dilaksanakan di halaman Pondok Tahfidz Nurul Qur’an (PTNQ) MAN 1 Kudus dihadiri oleh Mudir PTNQ, Drs. K.H. Manshur, M.S.I., Bapak/Ibu Guru, Ustadz-Ustadzah, dan seluruh santriwan-santriwati PTNQ MAN 1 Kudus. Kegiatan ibadah qurban di MAN 1 Kudus tahun ini berlangsung dengan lancar dan penuh kebersamaan. Semoga semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang tercipta dalam kegiatan ini dapat terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam berbuat kebaikan.

Acara dimulai pada pagi hari dengan sholat Idul Adha yang dilaksanakan di halaman PTNQ MAN 1 Kudus. Setelah sholat, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang terdiri dari 1 Sapi Jantan, 1 Sapi betina, 2 Kerbau jantan, 1 Kerbau betina, dan 4 ekor kambing yang berasal dari Donasi Wali Santri PTNQ MAN 1 Kudus.

Proses penyembelihan dan penyaluran daging qurban dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Panitia qurban telah menyiapkan berbagai perlengkapan dan alat yang diperlukan serta memastikan semua prosedur dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Daging qurban yang telah disembelih kemudian didistribusikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, khususnya warga sekitar madrasah di Desa Conge, Ngembalrejo, Bae, Kudus. Selain itu, sebagian daging juga dibagikan kepada para siswa dan guru yang berhak menerima.

Kepala MAN 1 Kudus, Bapak Drs. H. Taufik, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan ibadah qurban tahun ini. “Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran bagi siswa tentang nilai-nilai kepedulian sosial dan gotong royong,” ujarnya. “Selain memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, pemotongan hewan qurban ini diharapkan dapat membentuk kesadaran dan semangat kepedulian terhadap sesama serta memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...