Pelaksanaan Qurban 1438 H MAN 1 Kudus

Bulan Dzhulhijjah atau biasa disebut bulan haji oleh masyarakat Indonesia. Karena pada bulan inilah umat Islam melaksanakan rukun Islam yang kelima yakni haji. Ratusan ribu umat Islam dari berbagai penjuru dunia berdatangan ke tanah suci untuk melaksanakan ritual ibadah haji.

Selain ibadah haji, di bulan Dzhulhijjah kaum muslimin seluruh dunia juga merayakan hari raya Idul Adha. Berbeda dengan hari raya IdulIbu Dra. Hj. Zulaikhah MT. M.Pd.I Fitri yang jatuh pada tiap 1 Syawal, pada hari raya Idul Adha, selain dilaksanakan shalat Ied, juga dilaksanakan penyembelihan hewan kurban. Sehingga sering juga disebut hari raya kurban.

Penyembelihan hewan kurban berupa unta, sapi atau kambing dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulihijjah dan 3 hari tasyrik setelahnya. Syariat yang bermula dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan okeh Allah untuk menyembelih putra tersayangnya Nabi Ismail, yang kemudian Allah gantikan dengan seekor domba yang besar.

Untuk meneladani ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, MAN 01 Kudus mengadakan penyembelihan hewan kurban pada Sabtu , 2 September 2017 atau 11 Dzulhijjah 1438 H. Penyembelihan dilaksanakan di halaman belakang MAN 01 Kudus.

Dalam penyembelihan hewan kurban tersebut, MAN 01 Kudus menyembelih 3 ekor kerbau. Kurban tersebut merupakan hasil iuran siswa. Para mudhofi yang berjumlah 21 orang merupakan perwakilan kelas X, XI, XII. Selain kerbau, pada tahun ini juga ada kurban 2 ekor kambing dari Ibu Dra.Hj.Zulaikhah M.T., M.Pd.I dan Ibu Aslikhah S.Ag.

Kepanitiaan penyembelihan hewan kurban tersebut gabungan pengurus OSIS dan anggota Ikatan Remaja Mushala MAN 1 Kudus. Pembagian daging hewan kurban dibagikan secara merata untuk warga MAN 1 Kudus.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Membanggakan, Siswa MAN 1 Kudus ...
Kudus – Sabtu, 04 Mei 2024 bertempat di Gedung J lantai 5 Ruan...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Upacar...
Kudus – 2 Mei 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus, selur...
Refleksikan Perjuangan Kaum Pere...
Kudus – Senin, 22 April 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Ku...
Selamat, Sejumlah 62 Peserta Did...
Kudus – Selasa, 2 April 2024 kabar menggembirakan kembali data...
Membanggakan, Tim Riset SHIP MAN...
Kudus – 26 Maret 2024,  kabar membanggakan kembali datang...
Pertahankan Tradisi Juara, Tim R...
Kudus – 26 Maret 2024, kabar membanggakan kembali datang dari ...