Belajar Program Riset, Tim Riset MAN 1 Kota Semarang Studi Banding di MAN 1 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus menerima tamu dari MAN 1 Kota Semarang untuk studi banding pada Sabtu, 3 September 2022. Rombongan MAN 1 Kota Semarang tiba di MAN 1 Kudus pukul 10.00 WIB yang berjumlah 8 orang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan tim riset di ruang Multimedia. Kunjungan studi banding MAN 1 Kota Semarang yang terletak di Jalan Brigjend S. Sudiarto, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang di pimpim langsung oleh Bapak Tasimin.

Agenda studi banding di mulai dengan sambutan masing-masing kepala madrasah. MAN 1 Kudus yang diwakili oleh bapak Hartoyo meyambut baik kehadiran studi banding di bidang riset. Dalam paparannya juga disampaikan bagaimana perjalanan MAN 1 Kudus membangun program riset sejak 2018 dan program riset yang sudah di jalankan selama ini.

Kepala MAN 1 Kota Semarang, bapak Tasimin, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari studi banding riset adalah ingin silaturahmi sekaligus belajar program riset yang ada di MAN 1 Kudus. MAN 1 Kota Semarang juga ingin mengetahui tentang sistem pelatihan atau pembimbingan kepada siswa siswi riset dan kiat sukses menembus juara dalam lomba-lomba riset ternama seperti Myres, LIPI, Kopsi dan sebagainya. MAN 1 Kota Semarang menyampaikan minimal di tahun 2023 bisa sejajar dengan MAN 1 Kudus.

Kegiatan pemaparan riset MAN 1 Kudus di sampaikan oleh Bapak Naqib selaku Waka Kurikulum dan Bapak Umar selaku Direktur Program Riset MAN 1 Kudus. Bapak Naqib menyampaikan mengenai kurikulum yang sudah di jalankan oleh MAN 1 Kudus. Sementara bapak Umar menyampaikan mengenai tips dan trick mengenai strategi lolos karya tulis ilmiah event Nasional seperti Myres, LIPI, Kopsi dan sebagainya.

Selain pemaparan di atas, Tim MAN 1 Kota Semarang sangat antusias di dalam mengikuti studi banding program riset. Banyak pertanyaan-pertanyaan di dalam diskusi rim riset sehingga agenda riset sampai jam 13.30. Perwakilan tim riset MAN 1 Kota Semarang berharap bisa selalu sharing meskipun lewat virtual, sehinggs terus sambung komunikasi.

Acara studi banding di akhiri dengan foto bersama dan penukaran cindera mata. Bapak Suhartoyo selaku perwakilan MAN 1 Kudus berharap apa yang sudah di sampaikan oleh MAN 1 Kudus bisa bermanfaat bagi MAN 1 Kota Semarang ke depannya.

Jurnalis : Ahmed

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...