Cintai Geografi Sejak Dini, Siswa MAN 1 Raih Honorable Mention di Ajang Geography Championship X 2022

Info Prestatif  – Siswa MAN 1 Kudus berhasil meraih Honorable Mention di ajang Geography Championship X 2022 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geografi UNNES (Universitas Negeri Semarang).

Siswa tersebut bernama Itsnatania Farkhatin, duduk di bangku kelas XII IPS 1 dan di bimbing oleh Nanda Pradiastuti, S.Pd.

Geography Championship X 2022 merupakan kompetisi daring dengan cabang lomba olimpiade kegeografian, penulisan karya essay, dan pembuatan poster yang ditujukan untuk siswa/i SMA/MA sederajat serta mahasiswa se-Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan dapat mencetuskan gagasan yang inovatif, kreatif, dan aplikatif terhadap pemulihan sektor pariwisata Indonesia yang menjadi salah satu sector unggulan dalam percepatan pemulihan.

Semua rangkaian kegiatan pada LKTI UPCHANCE 2022 dilaksanakan secara daring pada tanggal 6-7 November 2022,’’ terang Itsna di Kudus, Kamis (17/11/2022).

Nanda selaku pembimbing menyampaikan bahwa tema lomba GCX (Geography Championship X) yaitu ‘’Peranan Teknologi Informasi Geospasial Untuk Mendukung Sektor Pariwisata Indonesia Bangkit Lebih Kuat Pulih Lebih Cepat’. Jumlah total keseluruhan peserta yaitu 100 orang dari berbagai sekolah SMA/MA di Indonesia.

Siswa didiknya sendiri mengikuti cabang lomba olimpiade kegeografian, ‘’papar Nanda, panggilan akrabnya di Kudus.

Dijelaskan Itsnatania Farkhatin, perlu persiapan sebelum lomba olimpiade kegeografian.  Dia harus belajar materi selama 2 minggu dengan selalu mengupas bedah soal olimpiade tahun kemaren.

Saya sejak dulu memang menyukai Geografi, jadi untuk belajar tidaklah sulit. Ada pembimbing juga menjadi motivasi sendiri. Saya juga bersyukur bisa meraih honorable mention,’’tandasnya.

Harapan prestasi yang sudah didapatkan sebagai tolok ukur kompetisi olimpiade di tingkat nasional dan menambah point untuk SNMPTN tahun 2022. Untuk ke depannya dapat 3 besar, dan diadakan secara offline, ‘’kata Nanda Guru Pembimbing’’.

Kepala MAN 1 KUDUS Taufik bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi tingkat nasional ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi baik kancah Nasional maupun Internasional. Dia juga bersikeras untuk meningkatkan prestasi apapun selama siswa sangat menyukainya. (Ahmed)

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...