Dua siswi dari MAN 1 Kudus sabet juara 2 dan 3 Lomba Tembang Macapat dalam rangka Ta’sis Masjid al-Aqsha Menara Kudus ke-488

(KUDUS) — Selasa, 7 Februari 2023, bertempat di Gedung Menara, Jalan sunan Kudus. Dua siswi MAN 1 Kudus menerima penyerahan piala kejuaraan Lomba Tembang Macapat dalam rangka Ta’sis Masjid al-Aqsha Menara Kudus ke- 488. Juara 2 diraih oleh Tazkiya Ainurrahma (XI MIPA 8), dan juara 3 diraih oleh Lum’atuts Tsuroyya (X-4).

Ada dua kategori lomba, pertama kategori A yaitu usia dibawah 13 tahun, menembangkan Tembang Macapat Maskumambang Laras Pelog Pathet Nem. Kemudian yang kedua kategori B yaitu usia 13-17 tahun, menembangkan Tembang Macapat Pangkur Laras Pelog Pathet Nem.

Total sebanyak 52 peserta yang ikut serta dalam lomba tersebut. Meski mayoritas peserta berasal dari sekolahan di Kudus, namun dari Pati dan Jepara juga ikut serta memeriahkan acara tersebut. Sebagian peserta tampil dengan bagus dan terlatih, mereka membawakan tembang dengan alunan ciri khas masing-masing.

Tim MAN 1 Kudus mengikuti tembang macapat kategori A. Persiapan lomba terbilang sangat bagus, hal ini dikarenakan tiap pulang sekolah selalu berlatih di bawah bimbingan Ibu Christiana Budianti dan Bapak Noor Kholis, terang, ‘’Tazkiya.

Dijelaskan Lum’atuts, kami sangat bersyukur bisa meraih juara pada Lomba Tembang Macapat, tentunya hal ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan. Juara ini kami dedikasikan untuk bapak kholis yang saat ini sedang sakit di Rumah Sakit,

Bu Ana dan bapak Kholis menerangkan bahwa kedua anak didiknya memang sangat tekun di dalam belajar nembang. Selain sudah memiliki basic suara yang bagus, ketekunan merekalah yang membuat mental juara.

Ke depan tembang macapat akan selalu ada di MAN 1 Kudus. Hal ini dikarenakan untuk melestarikan budaya jawa di Indonesia, Di mana anak-anak kita lebih cenderung ke budaya barat, ‘’kata Bapak Kholis.   Kepala MAN 1 KUDUS Taufik bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi baik kancah regional, nasional maupun Internasional. Dia juga bersikeras untuk meningkatkan prestasi apapun selama siswa sangat menyukainya.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...