Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Kudus Selenggarakan Gelar Karya P5P2RA melalui Pementasan Drama

Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar Karya Siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamiin (P5P2RA) MAN 1 Kudus sekaligus perpisahan siswa kelas XII dengan adik-adik kelasnya di kelas X dan kelas XI. Gelar Karya menjadi acara puncak dari serangkaian jadwal P5P2RA yang berlangsung sejak tanggal 2-11 Mei 2024. Acara ini merupakan agenda tahunan madrasah, dengan menampilkan kreativitas siswa-siswi MAN 1 Kudus kelas X untuk menampilkan persembahan terbaiknya di bidang seni drama atau teatrikal. Masing-masing kelas X mengirimkan karya terbaik mereka untuk melakukan seni peran di atas panggung.

Tema P-5 kali ini adalah Membumikan Budaya sebagai Warisan Bangsa melalui Pementasan Gelar Kreativitas Seni dan Budaya dalam rangka Mengenal, Menghargai, serta Mengkolaborasi Budaya Lokal dengan Menghasilkan Gagasan dan Karya Seni Budaya. Sejak hari pertama seluruh kelas X telah bersemangat mempersiapkan segala keperluan drama. Mulai dari penentuan judul drama, scenario, naskah, tokoh, property, maupun kostum. Masing-masing kelas telah berlatih selama berhari-hari demi menampilkan pentas terbaik dengan didampingi oleh tiga guru fasilitator.

Acara berlangsung dengan lancar, mulai pukul 07.30 hingga 13.00 siang. Bertindak sebagai MC adalah Farrel (XI MIPA 7) dan Sultan (XI MIPA 4). Dalam kesempatan ini Vitria Nur Setyani selaku perwakilan kelas XII memberikan sambutan perpisahan kepada adik-adik kelasnya, yang diikuti oleh sambutan Ketua OSIS MAN 1 Kudus yang diwaliki oleh Sultan Nauval Hakim. Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. juga memberikan sambutan kepada seluruh peserta projek maupun penonton dari kelas XI dan XII. Beliau berterimakasih atas kerja keras siswa-siswi kelas X dalam mempersiapkan pentas drama. Melalui pementasan drama ini beliau berharap semakin dalam kecintaan siswa-siswi MAN 1 Kudus terhadap kearifan local yang dimiliki bangsa Indonesia seperti cerita rakyat, tarian daerah, busana adat, maupun lagu adat yang dikemas dalam satu seni pementasan. Di akhir sambutan beliau juga menitipkan pesan pada seluruh kelas XII yang hadir, “Lanjutkan perjalanan kalian dengan menuntut ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya untuk menyongsong masa depan kalian yang gemilang. Selalu jaga diri dan jaga nama baik MAN 1 Kudus dengan menjadi suri tauladan dan memberi kebermanfaatan di keluarga kalian, lingkungan masyarakat kalian, dan berkontribusi untuk membangun bangsa dan negara di masa yang akan datang.” Ujar Kepala MAN 1 Kudus.

Setiap kelas dalam acara pementasan drama kali ini tampil dengan apik. Masing-masing kelas mendapat porsi waktu 15 menit untuk tampil. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan dari Mutiara Band MAN 1 Kudus dan Hadrah El-Wahid MAN 1 Kudus. Acara disiarkan secara langsung via live streaming youtube. Pementasan drama kali ini juga mengundang tokoh pegiat budaya dari Kudus sebagai juri untuk menilai kreativitas anak-anak. Hasilnya keluar sebagai Juara 1 adalah kelas X-5 dengan penampilan drama “Ramayana”, Juara 2 dari kelas X-6 dengan penampilan drama ‘Ande-Ande Lumut”, Juara 3 dari kelas X-9 dengan penampilan drama “Roro Jonggrang”, Juara Harapan 1 dari kelas X-1 dengan penampilan drama “Ken Arok”, Juara Harapan 2 diperoleh kelas X-7 dengan penampilan drama “Pencarian Jati Diri Sunan Kalijaga”, dan Juara Harapan 3 diperoleh kelas X-10 dengan judul drama “Sangkuriang”. Acara ini mengundang apresiasi dan antusiasme dari banyak pihak, tidak hanya guru dan siswa tapi juga warganet di media social youtube. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa siswa-siswi MAN 1 Kudus unggul di segala bidang, baik akademik, riset, keagamaan, olahraga, maupun seni dan budaya. Silkan lihat videonya dibawah ini

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...