Haflah dan Wisuda Santri Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus Angkatan III

Humas (MAN 1 Kudus) – Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus menyelanggarakan kegiatan wisuda bagi santri dan santriwati pada hari Ahad, 25 Juni 2023. Wisuda ini bagi santri yang telah menyelasaikan masa belajar di pondok maupun di madrasah selama 3 tahun.

Kegiatan tersebut merupakan rakaian prosesi Khotmil Quran bagi santri yang telah menyelesaikan hafalan Alquran 30 juz dan melampaui kriteria yang ditentukan dalam ujian pengambilan sanad dan perpisahan bagi santri kelas 12 yang telah menyesaikan masa belajar di jenjang Madrasah Aliyah.

Wisuda angkatan III diikuti oleh santri Kelas XII sebanyak 68 santri diantaranya 17 santri telah melaksanakan prosesi pengambilan sanad. Kegiatan ini berlangsung dalam dua prosesi diantaranya, prosesi Khotmil Quran bagi santri yang mendapatkan sanad dan prosesi pelepasan bagi santri kelas XII.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya Kepala Kementrian Agama Kudus, Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Mudir Pondok, Staf Pendidik Pondok dan Madrasah, serta Wali Santri Keas XII. 

Kaderisasi untuk Program tahfidz, agar program tetap jalan di saat sepeninggal Yai Manshur, kalau mungkin ada kesibukan atau hal lain yang membuat Yi Mansur meninggalkan PTNQ ,’’terang Kakan Kemenag Bapak Suhadi.

Dia juga bersyukur bahwa MAN 1 kudus tahun ini yang sudah hafal Al Quran lebih banyak dibandingkan tahun kemaren. Dia juga menambahkan bahwa mempunyai anak yang hafal Al-Quran adalah anugrah, mengingat maraknya akhlak anak-anak yang tidak baik. Buat Pendidik, pembimbing meskipun yang dididik bukan putra kita yakin ada sawabnya untuk diri kita, PTNQ akan memberkahi MAN 1 Kudus.

Drs. KH. Manshur, M.S.I. selaku pimpinan pondok menjelaskan bahwa evaluasi ketika simaan Al Qur’an tidak boleh cepat tapi harus tartil, agar tidak susah nyimaknya. Misalkan setelah subuh mulai, jam 4 atau ashar selesai dengan kualitas tajwid yang bagus dan lagu yang merdu.

Semoga dengan adanya Kegiatan Haflah dan Wisuda Santri Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus ini memberikan dampak positif bagi santri yang akan melanjutkan jenjang berikutnya dalam semangat merawat Hafalan Al Quran dan Menjadi insan kamil berakhlakul karimah di tengah lingkungan masyarakat, terang Drs. H. Taufik, M.Pd selaku Kepala Madrasah.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Membanggakan, Tim Riset SHIP MAN...
Kudus – 26 Maret 2024,  kabar membanggakan kembali datang...
Pertahankan Tradisi Juara, Tim R...
Kudus – 26 Maret 2024, kabar membanggakan kembali datang dari ...
UPZ Kemenag Kabupaten Kudus Sele...
Kudus, 26 Maret 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, Unit P...
PTNQ MAN 1 Kudus Terima Kunjunga...
Kudus – Rabu 6 Maret 2024 bertempat di Aula Pondok Tahfidz Nur...
Tim Atletik MAN 1 Kudus Borong J...
Kudus – Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di Stadion Wergu Wetan...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Borong...
Kudus – Sabtu 2 Maret 2024 bertempat di Gedung Serbaguna Kompl...