Jalin Hubungan Baik dengan Wali Murid, MAN 1 Kudus Selenggarakan Acara Parenting

Kudus, 16 September 2023 – MAN 1 Kudus bersama dengan jajaran Komite menyelenggarakan acara bertajuk Parenting dan Sosialisasi Program Kerja bagi Wali Murid Kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024. Bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus, acara ini dihadiri oleh orang tua siswa kelas X, mulai dari kelas X-1, X-2, X-3, X-4, X-8, X-9, X-10, X-11, dan X-12. Materi parenting disampaikan oleh Ibu Jamilah, SST, S.Keb. BD, M.Kes dengan mengambil tema “Polarisasi Pendidikan terhadap Keberhasilan Belajar pada Remaja (Bounding Attachment Adolenscence).”

Para wali murid tampak seksama menyimak dan memperhatikan paparan materi yang tentunya sangat bermanfaat bagi mereka orang tua dalam memperhatikan tumbuh dan kembang putra-putri mereka. Jamilah, dalam paparan yang cukup panjang, menegaskan bahwa dalam hal pendidikan dan pola asuh remaja masa kini, sekolah, masyarakat, dan keluarga adalah ekosistem pendidikan yang mesti bersinergi. Integritas tripusat pendidikan tidak boleh kita posisikan secara parsial. Keluhuran moral dan keberhasilan akademik remaja usia SLTA bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah atau orang tua saja, namun semua komponen termasuk lingkungan masyarakat juga harus bahu membahu menciptakan iklim yang kondusif bagi anak untuk belajar dan berkembang.

Jamilah menambahkan, bahwa anak-anak sekarang yang masuk kategori Gen Z, merupakan generasi yang akrab dengan penggunaan teknologi, mereka banyak menghabiskan waktu mereka di dunia Maya, dan peka terhadap keterbukaan informasi. Sehingga diperlukan penyesuaian dalam pola pendidikan dan pola asuh mereka yang dapat diterapkan baik oleh orang tua di rumah maupun bagi guru di madrasah. Diantara kiat-kiat parenting yang cocok diterapkan pada gen Z antara lain, 1. Jadilah pendengar yang baik, 2. Hormati privasi anak, 3. Sepakati aturan-aturan penting bersama anak, 4. Jadilah teladan yang baik untuk anak, 5. Berikan motivasi untuk cita-cita mereka, 6. Berikan informasi dalam bergaul yang sehat, dan 7. Sampaikan pada anak cara mengelola stress.

Selain parenting pada kesempatan ini wali murid juga menerima sosialisasi program madrasah, khususnya kurikulum yang disampaikan oleh Bapak Drs. H.Naqibul Arif selalu Waka Bidang Kurikulum. Dalam paparannya, beliau menggarisbawahi tiga kata kunci yang disarikan dari visi MAN 1 Kudus, yakni membentuk generasi yang islami, unggul secara intelektual, dan terampil dalam lifeskill. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kontrol yang baik antara madrasah dan orang tua dalam memantau kegiatan belajar putra-putrinya melalui kalender akademik yang tertuang dalam buku kegiatan kurikulum yang dibagikan kepada wali murid.

Drs. H. Taufik M.Pd., selalu kepala MAN 1 Kudus dalam sambutannya menambahkan bahwa jangan ada jarak antara madrasah dengan pihak wali murid. Wali murid adalah sebagai stakeholder dan madrasah sebagai pelayan merupakan satu kesatuan, sehingga sejatinya wali murid adalah bagian dari keluarga besar MAN 1 Kudus. Terbukti, sinergi yang baik antara keduanya, telah berhasil mengantarkan siswa-siswi MAN 1 Kudus banyak meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik di kancah regional, nasional, bahkan internasional.

Acara ini ditutup dengan mauidloh hasanah yang disampaikan oleh Bapak Drs. K.H. Manshur, M.S.I yang menekankan dimensi keteladan yang baik dalam pendidikan anak remaja, baik dalam ranah agama maupun intelektualnya.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...