Kembali Raih Prestasi, Tim Robotik MAN 1 Kudus Raih Bronze Medal Semarang Robotic Game 2023

Kudus (Humas) – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus (MAN 1 Kudus) berhasil meraih bronze medal Semarang Robotic Game (SRG) di Aula Kampus 1 UIN Walisongo Semarang tanggal 21 Febuari 2023.

Ajang Semarang Robotic Game merupakan event robotik dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang di selenggrakan oleh Robot Racer/Robotasia bersama UIN Walisongo.  Lomba ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Brick speed, Creative open, dan coding mission.

Muhammad Alaika Salam dan Muhammad Fahmil Huda, siswa yang duduk di bangku kelas X mengikuti cabang lomba Coding mission. Alasan mereka mengikuti coding mission karena mereka suka bahasa pemograman alias coding.

Kompetisi ini menjadi wadah bagi peserta untuk menunjukkan keterampilan pemrograman. Peserta dapat bekerja secara individu atau kelompok untuk membuat program maze solving robot sesuai dengan arena yang disediakan panitia. Robot dikatakan berhasil menyelesaikan misi ketika robot berhasil melewati lintasan sampai di titik finish dengan tepat dan cepat, ’’ ujar Ali Muzaki Panitia Robotik di Semarang (22/02/2023).

“MAN 1 Kudus sendiri memiliki program unggulan SIP (Science and Innovation Program). Di dalamnya di ajarkan materi robotika, sehingga siswa/siswi dapat belajar membuat robot ciptannya. Apalagi khusus dalam menghadapi SRG perlu persiapan secara khusus,’’ terang Alaika.

“Untuk menghadapi perlombaan, kita latihan secara intens untuk mempersiapkan lombanya,” kata Fahmil.

Menurut Fahmil, spesifikasi robot yang dia coding harus melewati arena yang telah di sediakan panitia. Ketika sudah uji coba robot coding mampu berjalan sesuai rute, namun ketika berjalan pas saat lomba terdapat kendala teknis.

Pembimbing robotik, Arif Noor Adiyanto, mengatakan bahwa siswa MAN 1 Kudus memang sudah di bekali materi robotika sejak kelas X. Dia juga sangat mengapresiasi prestasi anak didiknya.

“Harapan ke depan SRG dapat di tingkatkan peluang kategorinya, sehingga makin banyak yang bisa diikuti. Semoga MAN 1 Kudus sukses ke depannya dengan inovasi-inovasinya,” terangnya. Kepala MAN 1 KUDUS Taufik bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi tingkat nasional ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi baik kancah Nasional maupun Internasional. Dia juga bersikeras untuk meningkatkan prestasi apapun selama siswa sangat menyukainya

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...