Lolos Seleksi, Siswa MAN 1 Kudus Turut Wakili Jateng ke Parlemen Remaja DPR RI 2023

Kudus, – Fikri Agni Firdaus (16 tahun) siswa MAN 1 Kudus lolos seleksi Parlemen Remaja Jenjang SMA/SMK/MA Tahun 2023. Ajang edukasi politik bagi pelajar ini digagas Biro Protokol dan Humas Masyarakat Sekretariat Jenderal DPR RI.Dirinya berhasil mewakili tingkat regional bersama pelajar SMA sederajat lain dari daerah pilihan (Dapil) di Jateng, “Alhamdulillah, saya lolos mewakili Dapil II Jateng, dari Jateng ada 10 Dapil yang masing-masing diwakili satu pelajar untuk berangkat ke Senayan untuk mengikuti Parlemen Remaja tingkat Nasional bersama perwakilan dari seluru Indonesia,” kata Fikri saat ditemui di sela-sela bertemu dengan Ketua DPRD Kudus, Kamis (24/8/2023).

“Dilihat dari jumlah yang mendaftar awalnya pesimis, namun saya tetap berusaha untuk optimis lolos. Yang membuat optimis adalah motivasi dari orang tua serta para guru pembimbing yakni Bapak Ady Tri Wibowo, Ibu Anida Miftachul Janah dan Ibu Desiana Jayanti Andaruli,” ujar Fikri yang saat ini duduk di kelas XI IPS 4.

Fikri menceritakan, Awalnya dapat info dari media sosial, lalu proses seleksi bulan Juli, dan penutupan 2 agustus 2023, hingga ada pengumuman lolos seleksi, Seleksi kegiatan sangat ketat, ia harus bersaing dengan 9.996 peserta Jenjang SMA/SMK/MA se-Indonesia. Namun setelah melalui semua proses dan tahapan seleksi, Fikri berhasil lolos seleksi.

Saat ini Fikri mempersiapkan materi pendukung dari essai yang diunggah waktu seleksi. “Mohon doa restunya, karena besok akan dipilih 5 peserta terbaik se-Indonesia,” pintanya. Tahapan selanjutnya, dia akan mengikuti kegiatan bertema ‘Remaja Kenal Hukum: Taat Aturan, Masyarakat Aman’ yang akan diselenggarakan Senin hingga Sabtu (11-16 September di Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Bogor, Jawa Barat) serta mengunjungi di gedung DPR/MPR RI di kawasan Senayan.

Kepala MAN 1 Kudus, Taufik menyampaikan rasa syukur dan apresiasi, serta dukungan untuk siswanya itu, yang mana dari 10 dapil mewakili Jateng, Fikri merupakan perwakilan satu-satunya dari Madrasah, “Semoga memotivasi dan menginspirasi para siswa lainnya, bagi generasi muda memahami tentang tugas dan fungsi parlemen sangatlah penting. kegiatan Parlemen Remaja sebagai wahana pendidikan demokrasi,” ungkapnya didampingi Waka Kesiswaan MAN 1 Kudus, Cipto Hadi Saputra.

“Apa yang diraih Fikri ini, patut kami syukuri, terlebih diantara perwakilan Jateng tahun 2023 ini, dari madrasah aliyah satu-satunya dari MAN 1 Kudus, Kepada masyarakat Kudus, Mohon do’a restu kepada Ananda Fikri, Semoga diberikan kelancaran sampai ke Senayan dan terpilih menjadi peserta ter-favorit. Semoga Fikri dapat berperan aktif dalam kegiatan ini, sehingga ilmu dan wawasan yang didapatkan memberi manfaat,” sambungnya. Dijelaskan Taufik, Parlemen Remaja DPR RI digelar setiap tahun secara rutin. Tujuannya salah satunya memberikan pemahaman kepada remaja tentang proses pembuatan kebijakan publik di Parlemen. Selain itu juga meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen.

“Alhamdulillah, MAN 1 Kudus terakhir lolos ke Nasional untuk Parlemen Remaja terakhir tahun 2020 (saat pandemi) waktu itu memang tidak ke Jakarta, karena dilaksanakan virtual, dan tahun 2023 ini di event yang sama, Fikri dari MAN 1 Kudus berhasil mewakili Jateng ke Nasional,” terangnya.

Sementara Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, Parlemen Remaja sebagai pelajaran untuk memahami tentang politik secara utuh, dan menurutnya ini penting diketahui, “Mengetahui tentang politik ini penting dan ketika ada ajang bergengsi parlemen remaja nasional ini merupakan suatu edukasi yang baik biar masyarakat (dalam hal ini generasi muda) paham secara utuh manfaat dan fungsi keberadaan partai politik, sekali lagi keberadaan politik itu penting,” ungkapnya.Masan juga memberikan pesan khusus kepada Fikri, yang hendak ke Jakarta, “Tetap semangat, jangan pernah menyerah, jangan pernah ada kata lelah, masih muda, masih kuat, energi dan semangatnya harus luar biasa. Apa yang kita miliki, potensi apa yang ada diri kita, semuanya harus dikeluarkan biar nanti apa yang dicita-citakan, apa yang diharapkan akan bisa terwujud, akan bisa tercapai hanya dengan semangat yang luar biasa, Insyaallah apa yang menjadi Harapan kita akan bisa terlaksana dengan baik, Mumpung masih Muda,” pesan Masan. (AS/YM)

Sumber: https://isknews.com/

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...