MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024

Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan siswa kelas XII yang lulus di tahun pelajaran 2023/2024. Sebanyak 426 wisudawan/i, baik dari Program Unggulan riset SIP dan SHIP, Program Unggulan Tahfidzul Qur’an, maupun program regular. Siswa-siswi tersebut dinyatakan lulus pada 6 Mei 2024 setelah memenuhi syarat dan ketentuan kewajiban belajar selama menjalani proses KBM di MAN 1 Kudus tiga tahun terakhir. Acara pelepasan menjadi agenda tahunan madrasah sebagai sarana pembekalan bagi wisudawan/I untuk mengarugi kehidupan pasca sekolah, yaitu menuju perguruan tinggi maupun dunia kerja.

Acara pelepasan diawali dengan pembukaan lagu Indonesia Raya dan Mars MAN 1 Kudus yang diiringi oleh tim paduan suara MAN 1 Kudus. Berikutnya, pembacaan Al Qur’an oleh Favian Hisyam Firman Ghani (XI MIPA 1). Selanjutnya, dilanjutkan oleh Laporan akademik serta penyerahan perhargaan kepada peserta didik berprestasi bidang akademik dan non-akademik yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Naqibul Arief (Wakabid Akademik). Acara inti yaitu prosesi pelepasan wisudawan/I kelas XII yang berlangsung dengan khidmat. Seluruh siswa dilepas langsung oleh Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. dengan wali kelas masing-masing. Prosesi pelepasan diakhiri dengan Ikrar Alumni MAN 1 Kudus yang dipimpin oleh Fatah Ramadana Arroza (XII MIPA 5).

Hadir dalam acara pelepasan kali ini Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kudus Bapak H. Suhadi, S.Ag., M.S.I. dan Bapak Dr. H. Nur Abadi, S.Ag., M.Pd. yang mewaliki Komite MAN 1 Kudus untuk penyerahan kembali wisudawan/I kepada orang tua. Kepala Kan Kemenag Kudus, H. Suhadi, S.Ag., M.S.I dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan/I yang telah dinyatakan lulus dari MAN 1 Kudus. Beliau juga bangga dengan capaian-capaian MAN 1 Kudus beberapa tahun terakhir yang banyak menorehkan prestasi di berbagai bidang, baik bidang riset, akademik, olahraga dan mampu menjadi tresndsetter pengelolaan program tahfidz bagi madrasah-madrasah lain di Jawa Tengah dan sekitarnya. Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. juga memberikan sambutan. Beliau menitipkan pesan kepada seluruh wisudawan/I untuk menjadi alumni-alumni yang siap menjaga nama baik madrasah, selalu mengamalkan ilmunya, dan terus belajar menuntut ilmu dan pengalaman dalam rangka menyongsong masa depan yang gemilang. Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Mudir Pondok Tahfidz Nurul Qur’an dan Pondok Riset Nurul Ilmi MAN 1 Kudus, beliau Drs. K.H. Manshur, M.S.I.

Acara pelepasan kali ini dimeriahkan oleh penampilan Tari Caping Kalo dari ekstra tari MAN 1 Kudus, Paduan Suara Mutiara Choir, dan Mutiara Band MAN 1 Kudus. Selain itu, di sela-sela acara juga ditampilkan persembahan Gelar Karya P5P2RA kelas XI, dengan mengusung tema kearifan lokal. Masing-masing kelas mengirimkan perwakilan untuk penampilan fashion show memamerkan hasil karya batik khas Kudus yang telah dibuat oleh masing-masing tim selama seminggu terakhir. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) kelas XI MAN 1 Kudus yang bekerjasama dengan tim pelatih LPK YOI Mandiri Bae Kudus.

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...