MAN 1 Kudus Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116

Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024 yang berlangsung di Hall Indoor MAN 1 Kudus. Seluruh siswa MAN dari kelas X dan XI dengan rapi bersegaram OSIS sedangkan Bapak/Ibu Guru beserta staff dan karyawan mengenakan seragam Korpri mengikuti upacara dengan baik. Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Fajar Gede Rizki dari kelas X-7. Sedangkan bertindak selaku inspektur upacara adalah Bapak Drs. H. Taufik, M.Pd. selaku Kepala MAN 1 Kudus.

Merangkum berbagai sumber, tanggal 20 Mei dipilih karena bertepatan dengan berdirinya Boedi Oetomo. Ia merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Soetomo, termasuk juga bersama Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo, Gondo Soewarno, Soelaiman, dan masih banyak lainnya. Berdirinya Budi Utomo ini bermula dari ide-ide dr. Wahidin Soedirohusodo. Ia merupakan alumni STOVIA yang sering berkeliling di kota-kota besar di Pulau Jawa.
Ia berkeliling menyebarkan gagasannya mengenai bantuan dana bagi pelajar-pelajar pribumi berprestasi yang tidak mampu melanjutkan sekolah. Ide itu kemudian diterima oleh dr. Sutomo dan kawan-kawan dengan mendirikan Budi Utomo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, kebudayaan, serta tidak bersifat politik.

Hari Kebangkitan Nasional kali ini mengusung tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”. Dalam amanat upacara, Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. membacakan sambutan resmi Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, untuk peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024. Dalam sambuten tersebut Menkominfo mengingatkan bahwa Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030. Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045. Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

Upacara peringatan Harkitnas di MAN 1 Kudus ditutup dengan menyanyikan bersama lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” Ciptaan L. Manik dan Lagu “Bagimu Negeri” Ciptaan Kusbini, dan diakhiri dengan doa bersama

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...