MAN 1 Kudus Raih Penghargaan sebagai Satker Terbaik Pertama Satuan Kerja Berkinerja Terbaik dalam Transaksi Digipay dan Satuan Kerja Berkinerja Terbaik Ketiga Penyampaian LPJ Bendahara Pengeluaran Periode Triwulan I Tahun Anggaran 2024

Kudus – 18 Maret 2024 bertempat di ruang Ruby Lt. 4 Hotel Griptha Jalan Agil Kusumadya Jati Kudus, Kepala MAN 1 Kudus Drs. H. Taufik, M.Pd. didampingi oleh Bendahara MAN 1 Kudus, Anisah, S.Pd.I menghadiri undangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Kudus dalam Rangka Konsolidasi KPPN Kudus dengan Mitra Kerja, Monitoring, Evaluasi dan Apresiasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Triwulan I TA 2024. Agenda kali ini mengambil tema “Press Release Kinerja Pelaksanaan Anggaran Sd Maret 2024; Pengisian Data Realisasi Capaian Output; Pembinaan Pejabat Perbendaharaan; Habituasi Transaksi Non-Tunai; Gerakan Zero Retur; Penguatan Integritas dan Anti-Korupsi; dan Penyusunan Laporan Keuangan Satker.”

Mengesankan, dalam kesempatan kali ini MAN 1 Kudus menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Satker Terbaik Pertama Satuan Kerja Berkinerja Terbaik dalam Transaksi Digipay dan Satuan Kerja Berkinerja Terbaik Ketiga Penyampaian LPJ Bendahara Pengeluaran Periode Triwulan I Tahun Anggaran 2024. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala KPPN Tipe A1 Kudus, Muhammad Agus Lukman Hakim; berdasarkan Lampiran Keputusan Kepala KPPN Kudus Nomor: KEP – 36/KPN.1405/2024 Tanggal 18 April 2024. Sebelumnya pada Periode Triwulan IV (Oktober – Desember 2023) MAN 1 Kudus juga berhasil meraih Terbaik Pertama pada kategori Penyampaian Laporan Keuangan Tepat Waktu. Prestasi ini bukan sekedar seremoni, melainkan bukti konkret bahwa kinerja pelaksanaan anggaran Satker ini sudah berada pada jalur yang di harapkan (on the track) dalam pengelolaan anggaran. Kriteria penilaiannya adalah pelaporan pengeluaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dengan tepat waktu dan tepat sasaran, serta adanya komunikasi satker dengan kanwil yang baik. Hal ini menunjukkan komitmen MAN 1 Kudus untuk melakukan pertanggungjawaban yang semakin baik dalam memenuhi kewajiban penyetoran penerimaan negara bukan pajak dan pengoptimalan pengelolaan keuangan negara.

Indikator yang menjadi bahan penilaian Satker Terbaik dalam kategori tersebut, antara lain : ketepatan waktu penyampaian laporan, kualitas laporan keuangan, ketepatan dan konsistensi data, kepatuhan terhadap peraturan standar, ketelitian pengelolaan keuangan, inovasi dan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas, serta kualitas manajemen keuangan.

Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. merasa bersyukur atas raihan prestasi ini. Ke depan, MAN 1 Kudus bertekad untuk mempertahankan predikat sebagai satker terbaik dalam pengelolaan anggaran dan terus mengoptimalkan kualitas administrasi perbendaharaan demi memberikan pelayanan prima pada seluruh stakeholder terkait.

“Perolehan dua penghargaan sekaligus ini merupakan bukti kerja keras MAN 1 Kudus dalam pengelolaan anggaran mulai dari penyerapan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban yang telah dilaksanakan seoptimal mungkin. Ini harus menjadi motivasi bagi jajaran MAN 1 Kudus sebagai Madrasah Negeri yang telah dikenal luas akan prestasinya, agar dapat menjadi trendsetter dalam pengelolaan anggaran yang baik, meningkatkan pelayanan secara optimal, transparan, dan membawa output konkret bagi kemajuan instansi.” Pungkas Kepala MAN 1 Kudus

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...