MATSAMA di MAN 1 Kudus: Mempererat Silaturahmi dan Menggali Bakat Siswa Kelas 10

Kudus, 31 Juli 2023 – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus mengadakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA), sebagai upaya untuk memperkenalkan siswa kelas 10 baru dengan lingkungan madrasah dan mempererat silaturahmi antara teman sekelas dan kakak kelas. Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 15 Juli hingga 21 Juli 2023 di lapangan Indoor dan ruang kelas sekolah.

Pra MATSAMA dilaksanakan pada tanggal 15 Juli, di mana siswa kelas 10 mendapatkan pengarahan dan persiapan yang dikoordinasi oleh dua pengurus OSIS, dibantu oleh pembina OSIS dan Waka Kesiswaan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan siswa sebaik mungkin menjelang pelaksanaan MATSAMA.

Pada tanggal 17 hingga 21 Juli 2023, kegiatan MATSAMA dilaksanakan di lapangan Indoor dan ruang kelas sekolah. Para siswa mengikuti berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan mereka pada berbagai ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Setiap kelas dikoordinasi oleh dua pengurus OSIS yang membimbing mereka dalam mengikuti kegiatan MATSAMA.

MATSAMA menghadirkan beragam materi yang bermanfaat bagi siswa. Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan di Indoor dengan berbagai materi menarik. Sementara pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan di ruang kelas dengan materi yang diberikan oleh beberapa guru MAN 1 Kudus.

Hari ketiga diisi dengan materi di ruang kelas, termasuk penentuan wali kelas bagi siswa kelas 10. Sedangkan pada hari terakhir, para siswa menyaksikan demo ekstra, di mana berbagai ekstrakurikuler tampil memukau dengan aksi mereka. Demo ekstra tersebut mencakup berbagai bidang, seperti Silat, PMR, PBN, Pramuka, Musik, Rebana, Arabic dan English Club.

Kegiatan demo ekstra ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa kelas 10 untuk mengembangkan bakat mereka dalam berbagai bidang akademik dan non-akademik. Beberapa ekstrakurikuler yang turut berpartisipasi dalam demo ekstra meliputi OS IPS dan OS MIPA, Futsal, Taekwondo, Irmush, Kaligrafi, Tilawah, dan Jurnalistik.

“Kami berharap MATSAMA dapat membantu siswa kelas 10 dalam mengenal lebih jauh lingkungan madrasah dan menemukan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka,” ungkap salah seorang pengurus OSIS.

Siswa kelas 10 sendiri memiliki kebebasan untuk memilih ekstrakurikuler yang diinginkan dan sesuai dengan bakatnya. Siswa kelas reguler dapat memilih 3 ekstrakurikuler, dengan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib, sementara 2 sisanya adalah pilihan bebas. Sementara itu, siswa kelas Riset dapat memilih 2 ekstrakurikuler, termasuk Pramuka, dan 1 pilihan bebas.

Dengan semangat yang tinggi, siswa kelas 10 menyaksikan berbagai persembahan ekstrakurikuler dan menjelajahi stand-stand ekstrakurikuler yang menarik minat mereka. MATSAMA tahun ini menjadi momen berharga bagi para siswa untuk beradaptasi, mempererat hubungan, dan menggali potensi bakat yang dimiliki.

Kepala Sekolah juga berharap bahwa demo ekstra yang ditampilkan pada hari terakhir MATSAMA dapat menginspirasi siswa dalam menggali dan mengasah berbagai keterampilan akademik maupun non-akademik. Beliau percaya bahwa melalui ekstrakurikuler, siswa dapat memperoleh pengalaman berharga di luar kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga mereka menjadi individu yang berdaya saing dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

“Semoga melalui MATSAMA ini, para siswa kelas 10 dapat menjalani perjalanan akademik mereka dengan penuh semangat dan keyakinan. Saya berharap MATSAMA akan menjadi awal yang baik bagi mereka untuk meraih prestasi dan menggapai mimpi-mimpi mereka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus,” ujar Bapak Kepsek Taufik.

Kontributor   : Tim Jurnalistik MAN 1 Kudus

Editor             : Heisenberg

Bagikan :

Artikel Lainnya

Membanggakan, Tim Riset SHIP MAN...
Kudus – 26 Maret 2024,  kabar membanggakan kembali datang...
Pertahankan Tradisi Juara, Tim R...
Kudus – 26 Maret 2024, kabar membanggakan kembali datang dari ...
UPZ Kemenag Kabupaten Kudus Sele...
Kudus, 26 Maret 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, Unit P...
PTNQ MAN 1 Kudus Terima Kunjunga...
Kudus – Rabu 6 Maret 2024 bertempat di Aula Pondok Tahfidz Nur...
Tim Atletik MAN 1 Kudus Borong J...
Kudus – Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di Stadion Wergu Wetan...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Borong...
Kudus – Sabtu 2 Maret 2024 bertempat di Gedung Serbaguna Kompl...