Membanggakan, Siswa MAN 1 Kudus Raih Juara 1 di Ajang Muria Kudus Mathematics Competition Tingkat Jawa Tengah Tahun 2024

Kudus – Sabtu, 04 Mei 2024 bertempat di Gedung J lantai 5 Ruang Seminar FKIP Universitas Muria Kudus prestasi membanggakan kembali diukir oleh siswa MAN 1 Kudus, bernama M. Nabilul Hikam dari kelas XI MIPA 6 yang sekaligus santri Pondok Tahfidz Nurul Qur’an (PTNQ) MAN 1 Kudus. Ia berhasil menyabet Juara 1 dalam Ajang Muria Kudus Mathematics Competition Jenjang SMA Tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus pada Sabtu, 04 Mei 2024. Selain itu, wakil MAN 1 Kudus yang lain atas nama Fitra Adi Kusuma (X-7/Santri Pondok Riset Nurul Ilmi MAN 1 Kudus) juga berhasil masuk 10 besar peroleh nilai teratas. Mereka berada di bawah asuhan pembimbing olimpiade matematika MAN 1 Kudus, yaitu Noor Istiqomah, S.Pd., dan Lisa Kartika R, S.Pd.

Lomba Matematika yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika UMK ini merupakan salah satu wadah yang tepat untuk memicu perkembangan pola pikir dan daya nalar siswa, serta dapat menjadi pengukur tingkat kepahaman dan kemampuan berpikir generasi muda. Pelaksanaan kompetisi secara berkelanjutan akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Pada gilirannya, siswa akan memiliki kesempatan mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, efektif dan menyenangkan. Lomba Matematika tingkat SMA/MA merupakan langkah awal bagi siswa/siswi SMA/MA yang berbakat yang nantinya diharapkan tidak hanya mampu mengaplikasikan ilmu pelajaran dalam menyelesaikan soal tertulis saja, namun juga dapat memahami konsep ilmu tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lomba kali ini berlangsung dalam satu kali putaran. Setiap peserta diberi 40 soal pilihan ganda dengan lima opsi. Setiap jawaban benar bernilai 4, salah -1, tidak dijawab nilai 0. Adapun materi yang diujikan antara lain Aljabar, Geometri, Kombinatorika, dan Teori Bilangan. Persiapan yang dilakukan oleh tim OS Matematika MAN 1 Kudus tentu sudah sangat matang, dan peserta lomba telah di-drill soal-soal KSN dan KSM sebelumnya.

Drs. H. Taufik, M.Pd. merasa syukur dan bangga atas raihan prestasi ini. Beliau mendorong kepada tim olimpiade MAN 1 Kudus dari berbagai bidang ilmu untuk terus belajar meningkatkan kualitas dan semakin berjiwa kompetitif. “Ke depan semoga semakin banyak prestasi MAN 1 Kudus, khususnya di bidang olimpiade sains.” Pungkas beliau.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...