Membentuk Karakter Islami, MAN 1 Kudus Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H

Kudus – 07 Februari 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus, diselenggarakan peringatani Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab tahun 1445 H. Peringatan Isra’ Mi’raj hari ini mengadirkan Ustdzah Alif Silvia (Juara 3 Aksi Indosiar) dari Pati, Ustadz Ahmad Mushoffa Kudus Ahbabul Musthofa Pusat, dan Ustadz Ghofur Ahbabul Musthofa Pusat. Meskipun diiringi dengan cuaca hujan sejak pagi, namun acara tetap berlangsung khidmat dan lancar dari pukul 07.30 – 12.00 WIB. Acara ini diikuti oleh ribuan siswa-siswi MAN 1 Kudus beserta seluruh Bapak/Ibu Guru dan karyawan MAN 1 Kudus.

Acara demi acara telah berlangsung dengan lancar. Diawali dengan pembukaan oleh master of ceremony (MC) dan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qu’an yang dilantunkan oleh Nurlaili Afdilla Risqiani (XII MIPA 6 – santriwati PTNQ MAN 1 Kudus). Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala MAN 1 Kudus Bapak Drs. H. Taufik, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa Peristiwa Isra Miraj merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk siswa/siswi yang sedang menuntut ilmu di madrasah. Peristiwa ini mengenang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina dan kemudian naik ke langit untuk bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah shalat 5 waktu yang menjadi tiang agama. Selain mengenang peristiwa tersebut, peristiwa Isra Miraj juga merupakan momen yang penting untuk meningkatkan keimanan dan pengetahuan agama bagi siswa/siswi. Kepala MAN 1 Kudus mengingatkan kepada siswa-siswi MAN 1 Kudus agar mengikuti acara dengan antusias dan khidmah sehingga dapat meneladani sifat-sifat mulia Rasalullah SAW. Beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia baik IRMUSH MAN 1 Kudus dan OSIS MAN 1 Kudus yang telah berpartisipasi menyukseskan acara rutin tahunan ini.

Acara Isra’ Mi’raj juga dimeriahkan oleh grup hadrah El-Wahid MAN 1 Kudus di bawah asuhan Ibu Hj. Sri Idayatun, S.Ag, M.Pd. Lantunan shalawat Nabi dan maulidurrosul diiringi dengan alunan indah musik hadrah menjadikan siswa-siswi MAN 1 Kudus lebih antusias dan khidmah mendawamkan sholawat atas baginda Nabi Muhammad SAW. Iringan music rebana lebih special karena kali ini hadir Ustadz Ahmad Mushoffa dan Ustadz Ghofur dari Ahbabul Musthofa Pusat.

Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yakni mauidzoh hasanah yang disampaikan oleh Ustadzah Alif Silviana dari Winong Pati yang merupakan seorang hafidzoh dan peraih Juara 3 Aksi Indosiar tahun 2022. Kehadiran Ustadzah Alif disambut oleh siswi-siswi MAN 1 Kudus untuk bersalaman dan berfoto. Dalam ceramahnya Ustadzah Alif menguraikan definisi Isra’ dan Mi’raj. Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam ajaran Islam. Lewat kejadian itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan ke langit ketujuh dalam waktu semalam. Isra’ adalah berangkatnya Rasulullah SAW oleh Tuhannya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sementara itu, mi’raj adalah berangkatnya Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa naik ke langit tujuh lapis ke Sidaratul Muntaha dan akhirnya ke Mustawa. Dalam kesederhanaan akal dan ilmu manusia, Isra miraj mengajarkan kita untuk merenung, bersyukur, dan berserah diri pada keagungan Allah SWT. Perjalanan luar biasa ini memperlihatkan bahwa di luar batas kemampuan akal manusia, kebesaran Allah tak terhingga. Kita dapat mendalami makna dan hikmah yang terkandung dalam peristiwa ini, agar kita dapat lebih mendekatkan diri kepada-Nya dalam keseharian hidup kita.

Ustazah Alif Silviana dalam kesempatan kali ini juga menceritakan perjalanan hidup selama menjadi santri pondok pesantren, menjadi mahasiswi, hingga sukses sebagai pedakwah dan menjadi seorang hafidzoh. Cerita tersebut disampaikan untuk memotivasi siswa-siswi MAN 1 Kudus agar selalu istiqomah dalam menuntut ilmu dan berbakti kepada guru untuk mendapat keberkahan dunia dan akhirat. Siswa-siswi MAN 1 Kudus mendengarkan dengan penuh optimisme untuk meraih masa depan cemerlang. Dalam kesempatan ini, Utsadzah alif sesekali mengundang perwakilan siswa-siswi ke depan podium untuk berinteraksi dan mengajukan tanya jawab, sehingga suasana ceramah lebih dinamis dan menarik.

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...