Raih Juara KSM Tingkat Kabupaten, Empat Siswa MAN 1 Kudus Maju ke Tingkat Provinsi

Kudus, 13 Juli 2023 – Empat siswa dari MAN 1 Kudus berhasil meraih juara dalam empat cabang lomba mata pelajaran (mapel) dari enam mapel yang dilombakan dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Tahun 2023.

Keempat siswa tersebut berhak maju ke tingkat Provinsi yang akan berlangsung pada tanggal 5 – 6 Agustus 2023. Pengumuman pemenang KSM dapat diakses melalui link https://ksm.kemenag.go.id/ pada hari Kamis (13/07/2023).

Pada KSM tingkat Kabupaten/Kota, terdapat enam mapel yang dilombakan, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. Pelaksanaan KSM dilakukan secara daring dan terbagi dalam tiga sesi. KSM tingkat Kabupaten/Kota hanya berlangsung selama satu hari pada Sabtu, tanggal 8 Juli 2023. Dengan kata lain, keenam mapel yang dilombakan diselesaikan dalam satu hari. Jawaban siswa dinilai secara otomatis oleh komputer, dan para pemenang tingkat Kabupaten/Kota akan melanjutkan ke KSM tingkat Provinsi.

Berikut adalah siswa MAN 1 Kudus yang meraih juara dalam KSM MA tingkat Kabupaten tahun 2023 yaitu Muhammad Nabiqul Hikan (Juara 2 Matematika Terintegrasi), Maftukhah Nailul M. (Juara 4 Geografi Terintegrasi), Alexa Nafita Dewi (Juara 4 Ekonomi Terintegrasi), dan Dzikri Naufal Fayyadh (Juara 5 Kimia Terintegrasi)

Pembina KSM MAN 1 Kudus, Naqibul Arif, menjelaskan bahwa proses seleksi dan pembinaan bagi peserta KSM telah dilakukan sejak lama oleh pembimbing cabang lomba masing-masing.

“Alhamdulillah, dari 12 siswa yang berpartisipasi, 4 siswa berhasil meraih juara dan berhak untuk berkompetisi di tingkat provinsi. Prestasi siswa tidak lepas dari dukungan semua pihak, terutama guru pembimbing, komite sekolah, dan orang tua. Saya ingin mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kudus, H. Taufik, mengatakan bahwa keempat siswa tersebut akan terus dibimbing untuk menghadapi event KSM tingkat provinsi. Persiapan dan pembinaan akan dilakukan secara intensif oleh pihak Madrasah, dan diharapkan siswa-siswa ini dapat menjadi duta dalam ajang KSM tingkat Provinsi hingga Nasional.

Taufik juga mengucapkan terima kasih kepada pembimbing yang telah berjuang untuk membawa siswa meraih prestasi dalam KSM Tingkat Kabupaten Kudus. Ia menjelaskan bahwa prestasi yang telah diraih saat ini dapat dijadikan tolok ukur untuk perbaikan di masa depan.

“Kami bersyukur atas prestasi yang diraih oleh peserta didik MAN 1 Kudus. Meskipun belum berhasil meraih prestasi dalam seluruh mata pelajaran yang dilombakan, tetapi prestasi ini patut mendapatkan apresiasi,” kata Taufik.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...