Selamat, Sejumlah 62 Peserta Didik Kelas XII MAN 1 Kudus Lolos PTN Jalur SPAN-PTKIN 2024

Kudus – Selasa, 2 April 2024 kabar menggembirakan kembali datang dari siswa MAN 1 Kudus. Kali ini sejumlah 62 peserta didik kelas XII MAN 1 Kudus yang berasal dari Program Unggulan Riset MIPA/IPS, Program Unggulan Tahfidzul Qur’an, dan Program Reguler MIPA/IPS dinyatakan lolos selesi SPAN-PTKIN di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) ternama di Indonesia. Mengutip dari laman website https://span.ptkin.ac.id/page, bahwa SPAN PTKIN SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.
Proses seleksi dilaksanakan secara bertahap, mulai dari pengisian PDSS, Verifikasi PDSS, Pendaftaran Siswa, Pengumuman Hasil Seleksi, hingga pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing. Indicator penilaian berasal dari prestasi akademik siswa melalui nilai rapor semester 1 hingga semester 5, baik mata pelajaran umum maupun mata pelajaran keagamaan. Penilaian ini juga ditunjang dengan prestasi di bidang lain, sebagai contoh prestasi non-akademik dan Tahfidzul Qur’an. Dalam seleksi SPAN-PTKIN 2024 ini sebanyak 45 peserta didik diterima di IAIN Kudus, 1 peserta didik di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 5 peserta didik diterima di UIN Salatiga, dan 11 peserta didik di UIN Walisongo Semarang.
Drs. H. Naqibul Arif selaku Wakabid Kurikulum MAN 1 Kudus, menjelaskan bahwa proses pendampingan siswa dalam seleksi SPAN-PTKIN 2024 dilaksanakan secara intensif sejak bulan Januari. Siswa difasilitasi untuk selalu berkonsultasi dengan bapak/ibu guru, khususnya Guru BK. Sehingga kesiapan dalam proses seleksi ini benar-benar dipikirkan secara matang, demi mengantarkan peserta didik MAN 1 Kudus untuk mendapat kampus yang mereka impikan.
Perlu diketahui bahwa dalam seleksi ini, 62 peserta didik MAN 1 Kudus yang dinyatakan lolos diterima di beragam jurusan dari berbagai rumpun keilmuan, baik rumput ilmu keagamaan, social-humaniora, ekonomi dan bisnis Islam, ilmu pendidikan, maupun bidang ilmu sains dan teknologi. Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. berharap agar setelah benar-benar menjalani peran sebagai mahasiswa nanti, alumni MAN 1 Kudus terus istiqomah dalam menuntut ilmu, semakin giat belajar, berprestasi, dan mampu membawa nama baik almamater MAN 1 Kudus tercinta. Beliau juga berharap agar semakin banyak peserta didik MAN 1 Kudus yang diterima di PTN Favorit di Indonesia.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...