Sosialisasi Ketahanan dan Keamanan Pangan Sekolah 

MAN 1 Kudus Pangan jajanan anak sekolah (PJAS) merupakan pangan jajanan yang ditemukan di lingkungan sekolah dan menjadi konsumsi harian anak sekolah, yang terdiri dari minuman, buah-buahan, cemilan dan makanan sepinggan menjadi santapan anak-anak ketika jam istirahat dan pulang sekolah. Keamanan PJAS ini masih rendah dan masih menjadi permasalahan penting yang perlu mendapat perhatian dan komitmen komunitas sekolah. Untuk mewujudkan dan menjamin keamanan pangan jajanan di sekolah perlu upaya konkrit dari banyak pihak.

Sejalan dengan itu pada hari selasa 13 Juni 2022, Pihak MAN 1 Kudus melaksanakan Sosialisasi Keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah yang bertempat di Indor MAN 1 Kudus.  Kegiatan ini merupakan bagian dari program Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi jawa tengah. Hadir dalam kegiatan ini Bapak Marzuki  selaku Waka Sarpras MAN 1 Kudus, Bapak Cipto sebagai pemateri pada kegiatan ini. Peserta sosialisasi juga dihadiri oleh pemilik kantin sekolah, seluruh siswa dan guru.

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan memberikan edukasi dan informasi terkait keamanan pangan di sekolah, memberdayakan dan mendorong kemandirian komunitas sekolah dalam penyediaan PJAS yang aman, bermutu, dan bergizi serta bertujuan mencetak Duta Pangan Aman yang berperan sebagai agent of change implementasi program keamanan pangan di MAN 1 Kudus.

Kepala Sekolah Bapak Suhamto berkesempatan membuka acara, dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa MAN 1 Kudus berkomitmen penuh untuk mewujudkan pangan aman bagi warga MAN 1 Kudus melalui pembinaan UKS secara masif dan kontinyu. Beliau juga berpesan kepada semua peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik supaya bisa menerapkan sistem keamanan pangan terhadap kantin sekolah masing masing, dalam arahan dan sambutannya juga menegaskan pentingnya dukungan dan tindakan dari banyak pihak, harus menjalankan perannya masing-masing dan saling mendukung peran satu dengan yang lain dalam menjamin keamanan pangan di sekolah.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi  Manajemen Keamanan Pangan Sekolah dan Peran Komunitas Sekolah yang disampaikan oleh Marzuki Selaku penanggung jawab kegiatan, yang diikuti pemaparan materi lain seperti Lima Kunci Keamanan Pangan, Peran Duta Pangan Aman dan Kader Keamanan Pangan Sekolah. Narasumber berharap kegiatan Sosialisasi ini dapat mengoptimalkan peran tim Keamanan Pangan sekolah untuk mengajak seluruh komunitas sekolah dalam membudayakan praktek keamanan pangan sekolah demi masa depan generasi muda yang lebih sehat, unggul dan berdaya saing.

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...