Study Banding Program Riset dan Tahfidz, MAN 1 Kudus sambut MAN 3 Cilacap


Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus menerima tamu dari MAN 3 Cilacap untuk studi banding pada Kamis, 17 Febuari  2023. Rombongan MAN 3 Cilacap tiba di MAN 1 Kudus pukul 09.00 WIB yang berjumlah 80 orang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa di ruang Multimedia. Kunjungan studi banding MAN 3 Cilacap yang terletak di Jl. Cimanuk, Jati, Karangmangu, Kec. Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah di pimpin langsung oleh Bapak Akhmad Taukhid.

Study banding di bagi dalam tiga bagian, bagian pertama guru dan siswa di laboratorium multimedia tentang pemaparan program riset dan tahfidz. Bagian ke dua yang menjelaskan tentang program riset di kelas digital dan bagian ketiga mengenai program tahfidz di pondok pesantren tahfidz MAN 1 Kudus.

Agenda studi banding di mulai dengan sambutan masing-masing kepala madrasah. MAN 1 Kudus yang diwakili oleh bapak Taufik menyambut baik kehadiran studi banding di bidang riset dan tahfidz. Dalam paparannya juga disampaikan bagaimana perjalanan MAN 1 Kudus membangun program riset dan tahfidz sejak tahun 2018 dan program yang sudah di jalankan selama ini.

Kepala MAN 3 Cilacap, bapak Taukhid, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari studi banding riset adalah ingin silaturahmi sekaligus belajar program riset dan tahfidz yang ada di MAN 1 Kudus. MAN 3 Cilacap juga ingin mengetahui tentang sistem pelatihan atau pembimbingan kepada siswa siswi riset dan kiat sukses menembus juara dalam lomba-lomba riset ternama. Selain itu, belajar program tahfidz yang sudah di jalankan MAN 1 kudus dan akan di contoh oleh madrasahnya.

Kegiatan pemaparan riset MAN 1 Kudus di sampaikan oleh Bapak Naqib selaku Waka Kurikulum, Bapak Umar selaku koordinator Program Riset MAN 1 Kudus, dan Koordinator program Tahfidz yaitu Mas Rizky.

Bapak Naqib menyampaikan mengenai kurikulum yang sudah di jalankan oleh MAN 1 Kudus. Sementara bapak Umar menyampaikan mengenai perjalanan riset, tips dan trick mengenai strategi lolos karya tulis ilmiah event Nasional. Koordinator program Tahfidz, Rizky menyampaikan program tahfidz seperti sistem pendidikan, sistem hafalan, dan kegiatan para santri.

Selain pemaparan di atas, Tim MAN 3 Cilacap sangat antusias di dalam mengikuti studi banding program riset dan tahfidz. Banyak pertanyaan-pertanyaan di dalam diskusi tim riset dan tim tahfidz. Perwakilan tim riset MAN 3 Cilacap berharap bisa selalu sharing meskipun lewat virtual, sehingga terus sambung komunikasi. Acara studi banding di akhiri dengan foto bersama dan penukaran cindera mata. Bapak Taufik selaku kepala madrasah MAN 1 Kudus berharap apa yang sudah di sampaikan oleh MAN 1 Kudus bisa bermanfaat bagi MAN 3 Cilacap ke depannya.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...