Teliti Sistem Pengering dan Pendegradasi Logam Berat pada Ikan Asin, Tim Riset MAN 1 Kudus Sabet Juara 3 LKTIN Veteriner (KIMVETNAS) UGM 2023

Sabtu, 7 Oktober 2023 – berita membanggakan datang dari Tim Riset SIP (Science and Innovation Program) MAN 1 Kudus, yang terdiri dari Faza Ilya Muzdalifa, Sasta Nayma Tsabita, dan Aulia Putri Azzahra dari Kelas XI MIPA 8 (Program Unggulan SIP) di bawah asuhan dua pembimbing riset, yakni Arif Noor Adiyanto, S.Pd. dan Ahmad Edi Darmawan, S.Si. Mereka berhasil meraih Juara 3 dalam ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan tajuk “ Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa dan Siswa Veteriner Nasional (KIMVETNAS) Tahun 2023”. Kompetisi ini mengambil tema “One Food for One Health : The Role of Gen Z in Realizing Good Food Security to Improve Human-Animal Health”.
Faza, Sasta, dan Aulia dalam event ini sukses mempertahankan penelitian yang berjudul “I-DRISH: Sistem Pengering dan Pendegradasi Logam Berat pada Ikan Asin dengan Fotokatalis TiO2 Berbasis Internet of Things”.

Penelitian ini mengangkat pengembangan sistem inovatif untuk mengatasi masalah kontaminasi logam berat pada ikan asin. I-DRISH dirancang menggunakan NodeMCU ESP8266, sensor DHT 11, heater, kipas DC 12 V, relay, lampu UV serta plat kaca terlapisi TiO2 dopedAl. Hasil pengujian sistem alat menunjukkan alat terbukti dapatdi gunakan sebagai solusi pengawetan ikan asin dan penurunan kadar logam berat pada ikan asin secara efektif. Hasil pengujian menggunakan alat spektrofometer menunjukkan kadar cemaran logam timbal pada ikan sebelum direduksi adalah 3,74 ppm dan setelah direduksi yaitu 2,88ppm.

Babak final diikuti oleh 15 tim dari SMA/MA se-Indonesia. Setelah melaksanakan uji presentasi dan tanya jawab yang berlangsung dengan lancar dan sukses, Tim riset SIP MAN 1 Kudus berhasil meraih Juara 3 dalam ajang yang diselenggarakan secara daring ini. Arif Noor Adiyanto, S.Pd. dan Ahmad Edi Darmawan, S.Si merasa bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh anak asuhnya. Ke depannya tim riset SIP MAN 1 Kudus akan selalu melakukan inovasi dan mengatur strategi untuk menghasilkan karya-karya riset terbaik yang dapat mengukuhkan tradisi juara MAN 1 Kudus sekaligus dapat dirasakan manfaatnya di kehidupan sehari-hari.

Drs. H. Taufik, M.Pd, selaku Kepala MAN 1 Kudus, merasa sangat bersyukur atas prestasi ini dan terus memberikan motivasi kepada siswa-siswi MAN 1 Kudus untuk giat belajar, berlatih, dan berkompetisi secara sehat, sesuai dengan bakat dan minat masing-masing guna menyongsong masa depan yang gemilang.

Bagikan :

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES KOM...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Keban...
Kudus – 20 Mei 2024 berlangsung dengan khidmat upacara peringa...
Gali Kreativitas Siswa, MAN 1 Ku...
Kudus – Rabu (15/5/2024) berlangsung dengan meriah acara Gelar...
MAN 1 Kudus Lepas 426 Siswa Kela...
Kudus – 14 Mei 2024 MAN 1 Kudus selenggarakan acara pelepasan ...
Tim ZI MAN 1 Kudus Mengikuti Pen...
Kudus – Senin, 13 Mei 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, ...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Menyab...
Blora – 7 sd 8 Mei 2024 Tim Taekwondo MAN 1 Kudus mengirim atl...