Tim Riset MAN 1 Kudus Juara 3 LKTIN TOR, Sementara Karate Persembahkan Juara 2 Kejurkab Forki Cup 2023

Humas (MAN 1 Kudus) – Siswa MAN 1 Kudus berhasil meraih Juara 3 di ajang LKTIN TOR 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Widyagama Malang. Tim riset MAN 1 Kudus terdiri dari dua siswa kelas X-8 yaitu bernama Istna Aulia Dewi dan Sasta Nayma Tsabita.

Pada tahun ini, TOR 2023 terdiri dari serangkaian acara menarik diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Bussiness Plan Competition, dan Webinar Tingkat Mahasiswa dan SMA/Sederajat. Tema utama dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut adalah ““Peran dan Tantangan Teknologi Dalam Menghadapi Resesi Global””.

Semua rangkaian kegiatan pada LKTIN TOR 2023 dilaksanakan secara daring. Pada babak final sendiri di laksanakan pada tanggal 13 Mei 2023 dan pengumuman juara pada tanggal 20 Mei 2023,’’ terang Sasta di Kudus, Senin (22/05/2023).

Istna dan Sasta menampilkan riset berjudul “KOBASE-TIC: Nanokomposit Adsorben Magnetic Berbahan Bagas Tebu dan Sekam Padi Berbantu Fotokatalis ZnO/C”. Istna mengisahkan bahwa masuknya tim MAN 1 Kudus ini melalui seleksi yang diadakan oleh UWG Malang. LKTIN TOR 2023 terdiri dari 3 babak, yakni seleksi abstrak, seleksi full paper, dan seleksi babak final presentasi.

Pembuatan produk ciptaan mereka tak lepas dari pengamatannya selama ini tentang maraknya kasus pembuangan limbah cair yang berbahaya dari industri tekstil. Limbah cair tersebut mengandung logam berat yang berbahaya jika langsung dibuang tanpa diolah terlebih dahulu. Untuk itu, Istna dan Sasta memiliki ide membuat adsorben magnetic penyerap logam berat pada limbah industri tekstil dengan bahan alami yang mudah ditemukan.

Produknya terbukti dapat melakukan penyerapan logam berat pada limbah industri tekstil dengan maksimal,’’papar Istna, panggilan akrabnya.

Menurut Nurul Khotimah selaku Guru Pembimbing, harapannya penelitian yang telah di kembangkan oleh anak didiknya dapat digunakan di didaftarkan hak patennya. Adanya hak paten dapat menjadi pelindung karya-karya siswanya.

Kabar gembira juga di raih oleh kontingen olahraga madrasah, salah satu atlet mengikuti Kejurkab Karate Forki Cup 2023. Ajang ini di selenggarakan oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kabupaten Kudus.

Atlet madrasah yang mengikuti cabor karate bernama M.Sulthon, dia berasal dari kelas XI MIPA 3. Dalam cabor yang di pertandingan, dia berhasil meraih juara 2 kumite junior kelas 68kg putra.

Dia bersyukur atas apa yang sudah di raih, dia juga berterima kasih kepada bapak hendro yang telah melatihnya, ‘’ucap Shulton.

Kepala MAN 1 KUDUS Taufik bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi tingkat regional dan nasional ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi baik kancah Regional, Nasional, dan Internasional.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Membanggakan, Tim Riset SHIP MAN...
Kudus – 26 Maret 2024,  kabar membanggakan kembali datang...
Pertahankan Tradisi Juara, Tim R...
Kudus – 26 Maret 2024, kabar membanggakan kembali datang dari ...
UPZ Kemenag Kabupaten Kudus Sele...
Kudus, 26 Maret 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, Unit P...
PTNQ MAN 1 Kudus Terima Kunjunga...
Kudus – Rabu 6 Maret 2024 bertempat di Aula Pondok Tahfidz Nur...
Tim Atletik MAN 1 Kudus Borong J...
Kudus – Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di Stadion Wergu Wetan...
Tim Taekwondo MAN 1 Kudus Borong...
Kudus – Sabtu 2 Maret 2024 bertempat di Gedung Serbaguna Kompl...