UPZ Kemenag Kabupaten Kudus Selenggarakan Sosialisasi Pentasharufan Zakat ASN di MAN 1 Kudus

Kudus, 26 Maret 2024 bertempat di Lab. IPS MAN 1 Kudus, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Kabupaten Kudus mengadakan sosialisasi pentasharufan zakat, infaq, dan shodaqoh kepada ASN di lingkungan MAN 1 Kudus. Acara dihadiri oleh ketua UPZ Kemenag Kabupaten Kudus, Kepala MAN 1 Kudus, dan ASN Guru  serta tenagaKegiatan diawali dengan pembukaan oleh Wakamad Bidang Humas, Hj. Etty Mutammimah, S.Pd.I, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan penyerahan secara simbolik pentasharufan zakat dari Ketua  UPZ Kemenag Kabupaten Kudus kepada Kepala MAN 1 Kudus.

Kepala MAN 1 Kudus, Drs. H. Taufik, M.Pd. dalam sambutannya berterimakasih pada UPZ Kemenag Kab. Kudus yang berkenan hadir memberikan sosialisasi dan pencerahan

kepada seluruh ASN di MAN 1 Kudus untuk menunaikan kewajibannya sebagai muslim yang taat dan ASN yang baik. Pentasharufan zakat adalah suatu kewajiban bagi muslim yang telah memenuhi syarat untuk menunaikan zakat pada mustahiq. Kepala MAN 1 Kudus juga mendoakan kebaikan bagi bapak/ibu guru serta pegawai yang telah menlaksanakan kewajiban berzakat dan semoga membawa keberkahan untuk seluruh keluarga besar MAN 1 Kudus. ASN Guru serta kependidikan di MAN 1 Kudus.

Ketua UPZ Kemenag Kabupaten 

Kudus, H. Muhammad Ulin Nuha, Lc., M.Us. dalam sambutannya memberi penjelasan bahwa UPZ Kemenag Kudus adalah lembaga resmi yang terbentuk melalui Surat Keputusan dari Baznas (Badan Zakat Nasional) dan membawahi semua ASN lingkungan Kemenag di Kabupaten Kudus. Pihak-pihak yang berhak menerima zakat (mustahiq) terdiri dari 8 asnaf zakat, meliputi: 1) Fakir, 2) Miskin, 3) Amil, 4) Mualaf, 5) Riqab, 6) Gharim, 7) Fisabilillah, dan 8) Ibnu Sabil. H. Muhammad Ulin Nuha mengingatkan kepada seluruh ASN di MAN 1 Kudus agar zakat dikeluarkan kepada tetangga atau keluarga terdekat yang benar-benar berhak menerima dan masuk ke dalam delapan asnaf tersebut. Tidak hanya itu, di awal tahun 2024 ini Kan.Kemenag Kabupaten Kudus juga mendistribusikan zakat pada korban bencana alam banjir di Karanganyar Demak untuk meringankan beban warga korban banjir. Mengenai mekanisme pentasyarufan zakat dari UPZ Kemenag Kudus kepada ASN MAN 1 Kudus, setiap ASN akana dititipi uang zakat dengan nominal tertentu, agar ditasyarufkan pada fakir miskin di lingkungan sekitarnya.

Bagikan :

Artikel Lainnya

MAN 1 Kudus Selenggarakan Ibadah...
Kudus, 18 Juni 2024/11 Dzulhijjah 1445 H – Hakikat pemotongan ...
MAN 1 Kudus Selenggarakan Deklar...
Kudus – Sabtu, 15 Juni 2024 bertempat di Lapangan Olahra...
29 Siswa MAN 1 Kudus Lolos SNBT ...
Kamis – 13 Juni 2024, Hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Kompu...
MAN 1 Kudus Peringati Hari Lahir...
Kudus – 1 Juni 2024 bertempat di Hall Indoor MAN 1 Kudus selur...
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TES WAW...
MAN 1 Kudus Berpartisipasi dalam...
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar pe...